Rabu, 15 Februari 2017

memahami Fasilitasi

Domba lagi rapat by gambarbinatangcom
Fasilitasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi online adalah ‘memberikan fasilitas’ dan ‘Fasilitas’ memiliki arti ‘sarana untuk melancarkan pelaksanaan fungsi, kemudahan’ (http://kbbi.web.id/fasilitas). Sementara dari laman www.pusdiklathut.org menjelaskan bahwa fasilitasi berasal dari kata facile, bahasa perancis dan facilis dalam bahasa latin yang artinya mempermudah ( to facilitate = to make easy). Mempermudah adalah membebaskan kesulitan dan hambatan, membuatnya menjadi mudah, mengurangi pekerjaan, membantu.

Ada juga pengertian ahli, yaitu Hunter et all (1993) dalam buku Understanding Facilitation : Theory & Principles yang menjelaskan bahwa fasilitasi adalah tentang proses, bagaimana anda melakukan sesuatu, ketimbang isinya, apa yang anda lakukan. Fasilitator adalah pemandu proses, seseorang yang membuat suatu proses menjadi lebih mudah atau lebih yakin menggunakannya (Facilitation is about process, how you do something, rather than the content, what you do. Facilitator is process guide : someone who make a process easier or more convenient to use).

Dari dua pengertian tersebut dapat dilihat bahwa aktifitas memfasilitasi ini memerlukan keseriusan, niat ikhlas dan tulus tanpa kepentingan pribadi. Yang utama adalah banyak hal bisa selesai dengan lebih mudah, yang tentunya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kerja masing-masing.

Pertanyaan penting adalah, mengapa begitu peduli dengan istilah koordinasi dan fasilitasi?... jawabannya tertuang dalam jalinan kata curhat yang berjudul  Menyongsong Tugas Baru.

1 komentar:

  1. Yang benar: Memfasilitasi = memberikan fasilitas/memudahkan.

    BalasHapus